My Year in Books 2015

image source: weheartit

 

Hai…

Nggak disangka ya, 2015 sudah mau habis. Dan bulan ini aku hanya sempat membuat satu review. Haha… 😄

Baiklah. Daripada menyesali waktu yang sudah berlalu, kayaknya sekarang waktu yang pas untuk melihat lagi buku-buku yang sudah aku baca tahun ini.

Seperti tahun lalu, aku ikut Goodreads Reading Challenge. Targetnya juga sama: 40 buku. Tahun kemarin aku berhasil baca 48 buku dan tahun ini aku membaca 50 buku. Yeay… dua buku lebih banyak dari tahun sebelumnya 😀

Walaupun nggak rajin membuat reviewnya di blog, aku selalu berusaha untuk menyempatkan menulis kesan-kesanku selama membaca. Berikut daftar buku yang aku baca sepanjang 2015 ini.

Capture

Capture 2

Capture 3

Capture 4

Capture 5

Capture 6

Capture 7

Capture 8

Capture 9

Capture 10

Capture 11

Semua gambar di atas aku ambil dari laporan tahunan Goodreads Reading Challenge.

Tahun ini aku cukup murah memberikan bintang-bintang di Goodreads karena hampir semua buku yang aku baca memang aku suka banget. Novel yang paling aku baca adalah novel young adult dengan tema yang cukup beragam. Mulai dari masalah mental illness, LGBT, suicide, keluarga, persahabatan, dan masih banyak lagi.

Selain dari para penulis lain, aku juga membaca buku-bukuku sendiri tahun ini. Ya, sebelumnya aku memang nggak pernah membaca bukuku setelah diterbitkan. Alasannya karena aku sudah hafal dengan jalan ceritanya :p

Tapi tahun ini aku mulai membiasakan untuk membaca kembali cerita-cerita yang sudah aku tulis. Untuk dipelajari juga supaya masalah menulisku bisa diperbaiki. Hehe…

Oke. Sekarang waktunya untuk membuat Rosgadini Award, semacam list, dari novel-novel favoritku.

Tahun ini ada banyak novel yang membuat aku menangis. Ada banyak juga karakter yang bikin aku jatuh cinta dan patah hati. Dan setelah berpikir cukup panjang, berikut listnya.

Karakter Wanita Terfavorit: 

Sora dari Haru no Sora

Sora ini karakter yang tegar. Dengan segala permasalahan yang dia hadapi, dia tetap kuat menjalani hidup. Aku juga suka dengan karakternya yang jarang ada di novel remaja. Aku suka dengan cara dia membuat orang yang lemah menjadi kuat.

Karakter Pria Terfavorit:

Theodore Finch dari All the Bright Places

Cowok yang satu ini sukses bikin aku jatuh cinta dan sukses bikin aku menangis deras. Waktu baca All the Bright Places, aku harus menaruh bukunya dulu untuk menuangkan emosi, baru setelah lebih tenang, aku melanjutkan membaca. Dan sampai saat ini aku masih nggak rela dengan apa yang terjadi pada Finch. Oh, Finch… T_T

Best Couple:

Simon & Blue dari Simon vs. the Homo Sapiens Agenda

They’re cute. So cute. Bisa diabetes baca cerita mereka.

Yang juga masuk daftar ini: Ale & Anya dari Critical Eleven, Finch & Violet dari All the Bright Places

Novel Luar/Terjemahan Terfavorit:

The Little Prince

Pertama kali aku baca novel ini kayaknya waktu TK. Dulu, cerita pangeran kecil yang mengelilingi planet-planet menjadi cerita petualangan yang sangat menghibur. Sekarang, saat membaca novel itu lagi setelah aku dewasa, aku mendapat pandangan yang berbeda dari cerita si pangeran kecil. Ceritanya bukan lagi sekedar cerita petualangan. Ada banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari cerita ini. Itu yang menjadikan The Little Prince menjadi novel favoritku tahun ini. Novel ini tumbuh bersama pembacanya.

Yang juga masuk daftar ini: All the Bright Places, Our Happy Time, Fangirl, Cinder, The Last Time We Say Goodbye, I’ll Give You the Sun, Simon vs. the Homo Sapiens Agenda, Colorless Tsukuru Tazaki, 13 Reasons Why, Wonder

(Iya, banyak banget novel luar yang jadi favorit tahun ini. Haha… xD)

Novel Lokal Terfavorit:

Tiga (3)

Aku suka dengan ceritanya yang gelap. Aku suka dengan tema persahabatan yang diangkat. Aku juga suka dengan cara penulisnya membangun suasana yang Jepang banget tanpa terasa berlebihan.

Yang juga masuk daftar ini: Doki Doki Game: Over?, Critical Eleven, Happiness, Haru no Sora

Penulis Terfavorit:

Jennifer Niven (All the Bright Places)

Alasannya: she broke my heart. A lot.

Yang juga masuk daftar ini: Gong Ji Young (Our Happy Time), Tablo (Pieces of You), Ibuki Yuki (The Wind Leading to Love), Antoine de Saint-Exupéry (The Little Prince), R.J. Palacio (Wonder), Haruki Murakami (Colorless Tsukuru Tazaki), Alicia Lidwina (Tiga), Orihara Ran (Doki Doki Game: Over?)

Baiklah. Segitu aja Rosgadini Award tahun ini (halah). Semoga tahun 2016 nanti target membacaku tercapai lagi jadi aku bisa berbagi daftar bacaanku lagi kalian.

Happy holiday, y’all 😀

Leave a Reply

