[Book Review] Simon vs. the Homo Sapiens Agenda

22723235

Judul: Simon vs. the Homo Sapiens Agenda

Genre: Young Adult, LGBT

Penulis: Becky Albertalli

Penerbit: Balzer + Bray

Tebal: 320 halaman (ebook)

Terbit: April 2015

Rating: 4,5 of 5 stars

Sinopsis:

Sixteen-year-old and not-so-openly gay Simon Spier prefers to save his drama for the school musical. But when an email falls into the wrong hands, his secret is at risk of being thrust into the spotlight. Now Simon is actually being blackmailed: if he doesn’t play wingman for class clown Martin, his sexual identity will become everyone’s business. Worse, the privacy of Blue, the pen name of the boy he’s been emailing, will be compromised.

With some messy dynamics emerging in his once tight-knit group of friends, and his email correspondence with Blue growing more flirtatious every day, Simon’s junior year has suddenly gotten all kinds of complicated. Now, change-averse Simon has to find a way to step out of his comfort zone before he’s pushed out—without alienating his friends, compromising himself, or fumbling a shot at happiness with the most confusing, adorable guy he’s never met.

Simon vs. the Homo Sapiens Agenda ini bercerita tentang seorang remaja gay bernama Simon Spier. Tidak ada yang tahu kalau Simon ini gay. Kedua sahabatnya dari kecil, Nick dan Leah, juga tidak tahu soal itu. Kecuali Blue, seorang cowok yang sering bertukar email dengannya. Pada Blue, Simon berani mengungkapkan jati dirinya karena mereka mempunyai rahasia yang sama.

Suatu hari Martin, teman sekolah Simon, tidak sengaja mengetahui isi email Simon dan Blue lalu menggunakan itu sebagai senjata agar Simon bisa menjodohkan dirinya dengan teman dekat Simon, Abby.

Mau tidak mau, Simon terpaksa membantu Martin. Dia tidak mau identitas dirinya dan Blue terungkap. Ya, Simon jatuh hati dengan Blue. Sejak pertama kali membaca tulisan Blue di Tumblr sekolah hingga berbincang via email hampir setiap hari, perasaan Simon ke Blue semakin besar. Dengan memakai nama samaran Jacques, Simon berusaha mengungkapkan sedikit demi sedikit info tentang dirinya ke Blue. Sedang Blue sangat berhati-hati dengan identitas dirinya dan itu membuat Simon sangat penasaran. Yang dia tahu hanya Blue satu sekolah dengannya.

Suatu hari Blue bilang kalau dia sudah membuka jati dirinya pada keluarganya. Simon jadi tergerak untuk melakukan hal yang sama. Masalahnya, itu bukan hal yang mudah untuk Simon. Bisakah dia melakukannya?

“But I’m tired of coming out. All I ever do is come out.”

Review:

Aww… Simon and Blue are so cute…

Itu reaksiku waktu baca novel ini. Hehehe…

Sudah lama banget aku mau baca novel ini dan suatu malam aku nggak sengaja lihat di Twitter-nya Epic Reads kalau ebook novel ini diobral dengan harga $1,99 (sekitar 30 ribu rupiah). Nggak pakai mikir lagi, aku langsung beli tengah malam itu juga dan aku nggak menyesal sama sekali. Haha… 😄

Dengan menggunakan POV Simon, kita akan diajak mengikuti kehidupannya. Kesehariannya bersama keluarganya, bersama para sahabatnya, kegiatannya di drama sekolah, juga email-emailnya dengan Blue. Sama seperti Simon, aku juga jadi jatuh hati dengan Blue yang grammar-nya bagus itu dan sangat penasaran ingin mengetahui siapa Blue sebenarnya. Aku sempat menebak siapa Blue tapi salah. Hehe… :p

Tapi, waktu Simon akhirnya bertemu Blue, I couldn’t stop smiling there. They’re so adorable.

Aku sudah beberapa kali baca novel bertema LGBT dan menurutku Simon dan Blue ini termasuk salah satu pasangan gay yang paling manis yang pernah aku temukan. Setiap adegan mereka dalam novel ini bikin aku senyum-senyum terus. I totally ship them.

image source: weheartit

Selain tentang Blue, aku juga penasaran dengan cara Simon untuk mengungkapkan jati dirinya pada orang-orang yang dia sayang dan bagaimana mereka akan bereaksi dengan hal itu. Apakah mereka bisa menerima Simon apa adanya? Sila baca bukunya.

Yang pasti aku puas dengan keseluruhan cerita Simon dan bagaimana cerita ini berakhir. Ini salah satu buku yang membuatku tersenyum bahagia sepanjang membaca ceritanya. It’s that sweet.

Buat kamu yang ingin membaca novel young adult dengan topik keragaman, khususnya tentang gay, novel ini aku rekomendasikan banget. Dengan gaya bercerita yang ringan dan mudah dicerna, kita akan diajak untuk memahami mereka yang dinilai berbeda di mata masyarakat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s