[Book Review] So, I Married The Anti-fan

26857640

Judul: So, I Married The Anti-fan

Genre: Romance, Comedy

Penulis: Kim Eun Jeong

Penerjemah: Putu Pramania Andyana

Penerbit: Haru

Tebal: 525 halaman

Harga: Rp. 81.000

Terbit: Oktober 2015

Rating: 4 of 5 stars

Sinopsis:

Aku tinggal dengan idola paling terkenal se-Korea. Tapi… Aku adalah antifan-nya.

H, salah satu bintang pemicu hallyu wave akan tinggal dengan antifan-nya dalam sebuah variety show.

Mr. H: Tentu saja aku bisa menangani antifan-ku. Aku ini pria yang penuh dengan kejutan

Ms. L: Sebagai antifan-nya, aku akan membuka semua rahasia busuknya. Lihat saja nanti

Begitu berita itu keluar, para fans Mr. H segera membentuk pertahanan untuk melindungi idolanya.

Dan jika Ms. L melukai Mr. H barang sedikit pun maka mereka tidak segan-segan untuk bertindak.

“Anti-fan bukan orang yang selalu melawan atau memaki-maki selebriti tanpa tahu apakah itu fakta atau bukan. keberadaan anti-fan menandakan bahwa ada kekurangan pada selebriti tersebut.” Geun Yong – hal 391

Sungguh, pertemuan dengan Hu Joon adalah pertemuan paling sial yang pernah dirasakan Geun Yong. Di sebuah acara pesta peresmian klub, Geun Yong yang seorang wartawan majalah bertemu dengan Hu Joon yang seorang aktor terkenal. Di pesta itu, Geun Yong tidak sengaja melihat Hu Joon bertengkar dengan seorang gadis di lorong toilet klub. Awalnya Geun Yong tidak ingin ikut campur, tapi karena isi perutnya mendesak keluar karena terlalu banyak minum, dia kembali ke toilet dan sial, dia tidak sengaja muntah dan mengotori sepatu Hu Joon. Seakan itu belum cukup untuk membuat Hu Joon membencinya, Geun Yong kembali mengeluarkan isi perutnya di belakang sebuah mobil yang ternyata milik Hu Joon.

Karena kejadian yang tidak disengaja itu, Geun Yong dipecat secara tidak hormat dari kantornya. Geun Yong yang tidak suka dengan sikap ketus Hu Joon sejak pertemuan di pesta jadi semakin membenci pria itu. Geun Yong berikrar menjadi anti-fan Hu Joon dan gadis itu akan menghancurkan nama baiknya. Tentu itu tidak semudah yang dibayangkan karena Geun Yong harus berhadapan dengan serangan dan caci maki para fans setia Hu Joon.

Seakan belum cukup sial, Geun Yong yang sedang kesulitan keuangan juga terancam kehilangan tempat tinggal. Listrik di officetel-nya mati karena belum dibayar. Dia juga tidak bisa lagi menumpang di rumah sahabatnya. Geun Yong jadi bingung, tidak tahu harus ke mana dan melakukan apa. Yang dia tahu, dia tidak ingin kembali ke rumah ibunya dan menjadi petani.

Saat hidupnya sedang terpuruk, seorang program director menghubungi Geun Yong dan mengajaknya untuk membintangi acara variety baru bernama So, I Married The Anti-fan, sebuah program yang menampilkan artis dan antifan-nya. Kehadiran Geun Yong sebagai anti-fan Hu Joon memang membuat namanya jadi terkenal.

Ditawari honor yang cukup besar, Geun Yong tergoda dengan tawaran PD Han. Akhirnya dia bersedia main di acara itu tanpa mengetahui kalau dia akan menjadi manajer Hu Joon dan akan tinggal bersama pria itu.

Lalu, bagaimana dengan nasib Geun Yong selanjutnya? Apakah acara So, I Married The Anti-fan itu bisa sukses? Apakah Geun Yong berhasil menghancurkan image Hu Joon seperti niatnya selama ini? Temukan jawabannya di novel So, I Married The Anti-fan.

Review:

So, I Married The Anti-fan ini adalah novel kedua dari Kim Eun Jeong yang aku baca setelah Cheeky Romance dan ternyata novel ini sama serunya dengan Cheeky Romance. Ceritanya drama Korea banget. Makanya wajar kalau novel ini sampai berkali-kali cetak ulang dan ganti cover.

Omong-omong soal cover, menurutku cover kali ini sama bagusnya dengan cover yang sebelumnya. Warna kuningnya mudah menarik perhatian dan kedua tokoh utama tergambar cukup jelas di sini. Apalagi gambar di blurb novelnya, lucu banget. Menggambarkan dengan jelas hubungan anti-fan dan idola yang dibencinya. Hehe…

Dengan POV orang ketiga, kita diajak mengenal kehidupan Geun Yong si antifan dan Hu Joon sang selebritas. Bagaimana mereka harus tampil baik di depan kamera sambil diam-diam saling menyerang. Serius, bagian ini lucu banget 😄

Aku sangat suka dengan perkembangan karakter Geun Yong dan Hu Joon di sepanjang cerita. Berawal dengan saling membenci, mereka akhirnya bisa saling memahami karakter masing-masing. Bahkan berbagi rahasia dan luka di hati. Walau terdengar aneh, Hu Joon menemukan dirinya nyaman saat bersama Geun Yong, begitu juga sebaliknya.

Kau pasti sama sekali tidak suka padaku. Sama, aku juga begitu. Makanya aku suka. Karena aku bisa rileks dan santai. Kalau kau suka padaku, aku kan harus menjaga citra dan memberi fan service  sebagai seorang selebriti. Maksudku, aku suka padamu karena kau tidak menyukaiku dan tidak mengharapkan apapun dariku, sehingga aku merasa nyaman.” Hu Joon – hal 170

Yang aku suka dari novel karya Kim Eun Jeong kali ini adalah pergerakan adegan yang cepat. Bisa dibilang bagian di tiap bab, termasuk pergantian setiap bab, kita akan langsung disuguhkan dengan latar cerita yang berbeda tanpa banyak diberikan narasi yang berbunga-bunga. Dari dialog para tokohnya, kita langsung menyelami konflik yang terjadi. Menurutku ini menarik, karena biasanya novel dari Korea mempunyai alur cerita yang lambat.

Selain itu, yang aku suka dari So, I Married The Anti-fan adalah novel ini bisa menggambarkan dengan cukup tepat tentang kehidupan para idola dan fans mereka di Korea sana. Penggemar fanatik dan anti-fan seperti Geun Yong memang ada di negara itu. Lalu, Hu Joon juga cukup menggambarkan kalau hidup sebagai selebritas tidak seindah yang dibayangkan banyak orang. Banyak pengorbanan yang harus dia lakukan untuk bisa bertahan di tempatnya.

Saat membaca novel ini, aku membayangkan seperti sedang menonton drama Korea saja dan cara itu sangat membantu untuk menyelesaikan novel yang cukup tebal ini. Terjemahannya juga enak dibaca, nggak kaku. Ada sedikit kesalahan teknis di awal, tapi nggak mengganggu.

image source: here, edited by me

Akhir kata, untuk kamu yang suka dengan novel romance bercampur komedi dengan konflik yang ringan, aku merekomendasikan banget So, I Married The Anti-fan. Novel ini juga cocok buat kamu yang suka drama Korea. Hu Joon dan Geun Yong bakal sukses membuat kamu gemas dan tertawa bahagia.

4 bintang untuk Hu Joon dan antifan-nya, Geun Yong 😀

Psst… Mau dapat novel ini gratis dari Penerbit Haru nggak? Cek post berikutnya ya 😉

Advertisements

43 thoughts on “[Book Review] So, I Married The Anti-fan

  1. Pingback: [Blog Tour & Giveaway] So, I Married The Anti-fan | Girl with Writing Problems

  2. Woah saat baca di post ini aku jadi senyum-senyum sendiri hihi.. Otomatis jadi ngebayangin. apalagi pas udah nemuin potonya chanyeol wih langsung terenyum lebar wkwkw makasih min… 😀

  3. Huuuwaaaa….jadi pengen bgt baca novel inj. Dari sinopsis dan reviewnya aja uda kebayang pasti banyak adegan lucunya. Kalo mbaknya sanggup kasih 4 bintang, berarti novel ini emang cuzz banget. Emang banyak sih yang bilang kalo novel ini recomended bgt buat jadi koleksi bacaan. Hmmm…jadi penasaran. Denger-denger juga mau diangkat ke layar lebar ya? Waah..semoga filmnya sebagus novelnya. Dan semoga aku bisa baca novelnya dulu sebelum nonton filmnya. Aamiin.

  4. emang deh karya Kim Eun Jeong daebak!! keren!! dan aku setuju kalau cara penulisan Eun Jeong sangat baik, ide cerita yang segar, alurnya yang ngak bikin riwet, sama perubahan karakter yang cukup cepat namun berkesan banget. tapi covernya aku suka yang cetakan ke dua ^^ tapi tetap deh juaranya, penerbit haru covernya selalu menarik perhatian pembeli, hehe. reviewnya kece, apalagi Chanyeolnya… tampan ^^ penasaran sama filmnya nanti.

  5. Awalnya tuh ngira kalau novel ini hanya cerita klise begitu. Tapi sepertinya pemikiran saya salah 😀
    Sekarang jadi pengen baca 🙂 pengen..pengen banget!! ^^

  6. Aku gak tau harus koment apa. Aku bener bener pengen buku ini dari pertama kali mengenal penerbit Haru, yah cuman toko buku jauh dan aku gak bisa beli online. Jadi berharap banget bisa dapetin satu buku dari blogtour ini. Amin.

  7. Ceritaya drama korea banget? Wah seru mungkin ya, nonton drama Korea lewat buku ihihi. Aku belum pernah baca novel terjemahan Korea, jadi nggak bisa ngebayangin bakal mengimajinasikan karakter-karakter dibuku ini akan mirip siapa. Nggak kebayang, baca buku yang macem gini. Jadi penasaran

  8. Waktu dulu pertama kali novel ini terbit, aku penasaran pengen baca. Tapi gak kesampean beli. Aku pikir gak bakal boomming lagi dan dicetak sampai berulang kali. Tapi ternyata eh ternyata…. wow! udah melewati berapa kali cetak ulang ya kak? 😀 jadi makin nyesel dulu pas SMA gak langaung beli aja pakek acara mikir-mikir segala. Tapi ya wajar sih, karena kantong emang lagi kering hehe.

    Setelah baca review dan sinopsis singkatnya aku jadi makin tambah penasaran. Keinginan untuk memiliki novel ini makin menggebu-gebu! Apalagi denger kalau ini mau difilmin. Mana yang main Park Chanyeol bias kesayangan aku di EXO, gimana gak geregetan dan pengen langaung baca novelnya! Kemaren aku ge Gramed, iseng nyari novel ini tapi ternyata belum ada yang terbitan terbaru. Sedangkan yang lama juga udah gak ada. Sedih banget pulang cuma bawa beberapa buku kuliah aja. Tapi itu gak mengurangi keinginan besarku buat memiliki novel lucu nan romantis ini, kmmaka dari itu aku mutusin buat ikutan giveaway ini. Semoga bisa dapet novel ini deh. Hehe

  9. Huwaaaa…..penasaran banget gimana kisah selanjutnya
    apalagi mau difilmin ya? Main cast prianya Chanyeol EXO??
    Ga bisa bayangin gimana serunya nanti

  10. Kim Eun Jeong itu salah satu penulis Korea favorite saya selain Hyun Go Wun pastinya^^
    Saya jg suka banget loh kak sama Cheeky Romance.
    Kalo masalah terjemahan sih, Penerbit Haru emang the best deh, bahasanya bagus dan enak di baca.
    Itu aja sih, bingung jg mau komen apa haha

  11. Oah, itu sial banget si Geun Youngnya. Aaaah, jadi makin pengen dapet bukunya. Ketambah lagi itu muka PCY dipasang begitu T.T Baper dia maen sama cewek di ranjang *eh
    aaaah, kasih ke aku kak novelnya, biar bisa baca *ngarep 😄

  12. Review dari novel So I Marries The Anti Fans membuat q semakin ingin membacanya. Sebenernya udah nguber ini buku selama 1 tahun tapi selalu kehabisan. 😦
    Setelah q baca review dari kakak tentang buku ini q makin ingin baca buku ini. Q pingin tahu tentang konflik apa aja yg ada di kehidupan mereka berdua. Dari revieq di atas kelihatan banget klo Ms. G benci bngt sama Mr. H.
    Sedikit saran kak gimana kalau percakapan di atas itu di taruhnya setelah sinopsis dan sebelum riview. Itu makin buat orang lebih penasaran lagi aku rasa kak. Hehe makasi

  13. Jadi semakin penasaran karena baca kutipan2 dialog tokoh deh. Banyak banget orang yang bilang bagus, di review kakak juga, jadi tambah yakin kalo emang ceritanya bagus ^^ Pokoknya harus baca dulu sebelum film nya keluar hehehe

  14. Yang aku tahu sih, karya Kim Eun Jeong ini rada-rada mirip sama Cheeky Romance. Tapi mungkin saja itu adalah gaya khas penulisan dari sang penulis. Gak masalah sih ^_^))”> Karena penasaran juga sama konflik tinggal serumah yang akan terjadi diantara Hu Joon & Geun Yon

  15. Awesome! Aku kira acara variety yang ada didalem novel So, I Married The Anti-Fan itu semacem kaya acara idola sama Anti-Fan dipertemukan dalam suatu pernikahan. Kaya ‘We Got Married’ gitu cuma versi Anti-Fan. Ternyata eh ternyata, acara jadi manajer dari si idola toh :v
    Oalah pasti serono ini bisa ngatur-ngatur idola yang kita benci kkkk

  16. Belum pernah baca karya Kim Eun Jung. Bahkan belum pernah juga baca K-Iyagi dari Penerbit Haru. Sedih kaaaan? 😥
    Lho, jadi ternyata di sini genre-nya romkom ya? Sukaaaa! Maaauuu! 😄
    Saya kira novel ini udah dibikinin dramanya sendiri lho, soalnya kayak pada laku banget. Ternyata dibikin film. Ih, Chanyeol pula yang maen. >,<
    Kalau soal kesalahan teknis itu mustinya nggak boleh ada lagi ya, soalnya kan ini sudah cetakan ke berapa dan sudah berapa kali ganti cover.
    Daro review ini aku jadi tahu beberapa hal bari yang nggak aku tahu di review(s) sebelumnya. Misalnya ternyata di sini ada unsur komedinya juga, trus peran Geun Yong di acara itu ternyata merangkap sebagai manajer Hu Joon. Kirain cuma jadi bini virtual thok. Makasih ya infonyaaa 😀

  17. Hahaha menarik juga ya novelnya. Terus juga kayaknya konflik antara idol & anti-fan nya itu berbeda dengan yang lain. Lalu konflik ceritanya juga ringan. Itu kan dapat membuat orang jadi senang membacanya. Jadi ngebet pengen punya deh 😀

  18. nah, aku suka dengan bagian yang mengulas kehidupan artisnya, tentang bagaimana seorang artis harus hidup. Menurutku, nggak enak kalo setiap saat diikutin sama manajer, nggak bebas jadinya. Tapi, aku pengen jadi manajer artis sih sebenarnya xD but, kalo artisnya nyebelin, mungkin aku bakal cepet-cepet minta dipecat aja. Novelnya tebel banget dan ala drama korea jadi sukaa 😀

  19. Jadi, melalui buku ini kita bisa tau gimana sih jadi anti fan dan mungkin bisa ngerasain gimana sih jadi artis itu, apa lagi artis terkenal yang lagi naik-naik ke puncak gunung, eh maksudnya naik daun hehe 🙂 rada bikin sebel juga sih sama Hu Joon di awal-awal cerita, tapi selalu ada cerita dibalik cerita, covernya lucu, kuning haha 😀

  20. Wah, semakin penasaran dengan buku ini, beruntungnya orang yang sudah pernah baca K-Iyagi apalagi penulisnya sama. Aku jadi semakin ingin baca buku milik Kim Eun Jeong ini. Apalagi katanya ada comedy salah satu genre favoritku ^^

  21. Perklu ke Seoul dulu nih. Mastiin keadaan Hu Joon dan Geun Yong. Hehe. Jujur, aku nggak terlalu K-pop banget. Mungkin karena cowok ya XD. Jadi rada jaim buat langsung nyukain sesuatu. Butuh proses yang cukup rumit. Tapi, Review bener-bener memantik penasaran, setidaknya aku mulai penasaran dengan karya penulis Korea. Semoga beruntung deh! 🙂

    Terima kasih!

  22. Sebenarnya kalau novel Korea aku belum pernah baca. Tapi, kalau nonton drama korea jangan ditanyain deh. Hehehe Mungkin sudah ada beberapa drama korea dengan alur cerita seperti itu tapi untuk novel ini kayaknya bakalan senyam-senyum sendiri dan terharu juga sih. Review kakak menurutku simple dan tidak bertele-tele. Langsung to the point gitu deh. Jadi, enak bacanya dan mengalir gitu deh. Aku baru tahu juga setelah baca beberapa review ternyata Geun Yong menjadi manager si Hu Joon. Hehehee Semangat terus ya kak reviewnya. I love that. 🙂

  23. Novel baru rasa lama, begitu sebutan yang cocok untuk novel ini.
    Meskipun baru, tapi sebenarnya ini merupakan judul yg sudah lama diterbitkan oleh Haru, kemudian diterbitkan lagi. Tapi buat yg belum baca (termasuk saya), ini merupakan salah satu judul wajib.
    Semoga lewat giveawaynya, saya berhasil mendapatkan novel kece ini.:)

  24. Terus terang aku penasaran bgt dgn novel So I Married The Anti-Fan ini.
    Sampai dicetak ulang, artinya banyak yg merequest supaya novel ini diterbitkan kembali. Dan ini artinya novel ini merupakan best seller.
    Apalagi rencananya novel ini juga mau difilmkan.
    Makin lengkaplah rasa penasarannya. Pokoknya buku ini menjadi salah satu judul yg wajib dimiliki di tahun ini!

  25. Sebelumnya, aku mau bilang makasih atas book reviewnya, Sumpah keren banget. Bener-bener pengen banget baca Novel satu ini apalagi genrenya Romance-Comedy, I love it! Ceritanya pasti seru banget, Seorang idol yang akan nikah sama anti-fan nya? Ya ampun gak kebayang gimana tuh reaksi Fan nya Hu Joon kalo tau Hu Joon suka sama anti-fan nya. Sumpah pengen banget baca novel yang satu ini. 🙂

  26. sebenernya udah lama pengen novel ini dari review-review sejak masuk cetakan kedua. tapi setiap saya cari ke tokbuk ternyata sold-out T_T
    ah, ngomong-ngomong saya lebih suka cover 2013, tapi cover yang sekarang leh ugha, memakai kuning agar lebih eye-catchy.

  27. udah dari lama pengin banget novel ini. tapi sampai akhirnya cetak ulang, belum kesampaian juga huhuhu. tau nih novel bakal difilm-in, jadi semangat pengin baca. apalagi cerita komedi-romantis. pasti bakal ngakak2 bacanya nanti xD

  28. haduhh haduuh ternyata mas Chanyeol itu meranin Joon yah, dari awal coverny aja uda lucu kuning2 gitu, gambarny juga pas kalo buat kekocakan idol sama anti fan.,, penasaran banget ini mah mau apa antara keduany,, kok bisa jadi ada marrid2 nya segala

  29. Kayaknya ceritanya mirip Cheeky Romance. Berawal dari pertemuan yang nggak mengenakkan dan keadaan tokoh utama perempuan terpuruk di bagian awal. Tapi, pasti ada bedanya. Kalau nggak ada, pembaca juga bosan. Mungkin.
    Cerita kayak gini belum menunjukkan tanda-tanda ada matinya sih.

  30. Baru nemu niy novel dgn tema artis & anti-fan, menarik banget, apalagi dari korea, jadi ngebayangin artis-artis korea yg bening-bening, ternyata kangen juga, udah lama gak nonton drama korea 😀

  31. Setuju kak! Cover yang ini seger banget, bikin pengin nyomot di toko buku trys dibawa pulang *eh?* tapi nanti deh, mau ngikutin keseruan blogtour dan nyoba peruntungan di GA hehehee..
    Tema benci jadi cinta, jatuh cinta sama anti fans sebenernya sudah lumrah sih tapi aku yakin ada hal unik menarik di novel ini sehingga jadi best seller dan diangkant menjadi drama. Waah, gak sabar pokoknya kenalan sama Hu Joon. Semoga bisa baca novelnya sebelum nonton dramanya 🙂

  32. Entah udah yang keberapa kali ikutan giveaway novel ini dan baca reviewnya. tiap baca reviewnya di beberapa blog jadi tambah penasaran banget pengen baca AAAAAAAAAAAAA ><
    pengen banget baca kak… beri aku satu kaaaaak, beri aku satuuuu… hahha 😄
    Kaya apa sih Hu Joon sampe si Geun Yeong jadi anti-fannya dia…. kayanya benci banget Geun Yong sama Hu Joon (padahal kan cakep *eh*)

  33. Dilihat dari reviewnya, novel So, I Married The Anti-fan ini sangat menarik, apalagi penulisnya dari korea. Alur ceritanya yang mantaps. Jadi nggak sabar pengen baca novel ini secara keseluruhan. Sukaa 😀 Kata kebanyakan orang benci akan menimbulkan rasa suka, iya nggak sih?
    Twitter : @RirinKGS
    Kalo aku, pengen jadi manajernya Lee Hong Ki. *eaaa. Setelah melihatnya bermain d drama century bride. Rasanya meleleh pengen dekat dengannya. Dan pengen tahu aktivitasnya. Nyanyi oke, main drama mantap dan imut. Kyaaaa 😀

  34. Suka sama cover yang satu ini. Warnanya terlihat cerah. Klo dilihat dari isinya alur cerita ini menarik. Ketika seseorang sangat membeci seseorang dan kemudian sepertinya dia akan jatuh cinta. Nahh, setelah mmbaca reviewnya aku jadi pengen membacanya 😀
    Twitter : @RirinKGS
    Klo boleh milih, aku pengen jadi managernya Lee Hong Ki. Aku suka banget sama dia setelah melihatnya main drakor The Century of Bridge. Jago nyanyi dan mantap dalam akting*eaaa

  35. astaga, kenapa Chanyeol oppa unyu banget digambar itu?? * gagal fokus*
    aku belum pernah baca novel terbitan Haru sebelumnya, tapi sebagai K-Lovers dan EXO-L rasanya novel ini gak boleh dilewatkan. Terima kasih untuk reviewnya ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s