Liebster Award

lawar

 

Ehem…
Aku dapat Liebster Award lagi. Ehehe…
Lagi, karena sebagai blogger, aku sudah pernah mendapat Liebster Award di blog sebelah.
Liebster Award diberikan oleh blogger ke blogger lain (biasanya ke blogger pemula dengan follower kurang dari 200) dengan tujuan menambah jalinan pertemanan antar blogger. Juga menambah semangat untuk para blogger supaya makin rajin nulis.

Makanya aku mau mengucapkan terima kasih untuk Risma Suryani untuk award-nya. Bertambah satu lagi deh temanku di dunia tulis menulis ala dunia maya ini. Semoga kita makin rajin nulis blog ya. Hehe…

Oke, lanjut ya.

Saat menerima Liebster Award ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

1. Buat postingan mengenai Liebster Award yang berisi pengertian Liebster Award, menampilkan logo Liebster Award beserta info mengenai Liebster Award.
2. Ucapan terima kasih pada teman blogger yang telah memberikan award.
3. Sebutkan 11 hal mengenai diri kita.
4. Jawab 11 pertanyaan dari pemberi Award.
5. Pilih 11 teman blogger untuk menjawab pertanyaan dari kita.
6. Tunggu balasan dari teman blogger yang sudah kita pilih.

1 dan 2 sudah, sekarang lanjut ke langkah ketiga dan seterusnya.

11 hal mengenai aku (yang sebenarnya nggak menarik-menarik banget :p):

Well, karena blog ini aku buat untuk membahas dunia buku dan tulis menulis, jadi aku akan kasih  hal yang berhubungan dengan menulis aja ya.

1. Nama lengkapku Ria Destriana. Sebagai penulis (amatir), aku punya nama pena Rosgadini. Kadang aku merasa kepribadianku tersesat di antara dua nama itu. Ria harusnya ceria, Rosgadini harusnya lebih misterius. Tapi pada kenyataannya, aku lebih ceria saat menjadi Rosgadini dan lebih tertutup saat menjadi Ria. Doakan semoga aku bisa kembali ke jalan yang benar ya. Haha… x)

2. Aku mulai menulis fiksi dari SD. Awalnya cuma bikin cerpen di buku tulis sampai akhirnya mulai bikin cerpen di komputer yang hanya aku sendiri yang baca. Baru di awal tahun 2013 kemarin aku mulai niat menjadi penulis dan ingin menghabiskan hidup sebagai penulis. Kenapa? Karena menjadi penulis itu berkarya, bukan bekerja. Paham kan maksudnya? 😉

3. Aku suka menulis karena suka baca. Waktu mulai bisa baca (kira-kira sebelum TK), aku langsung baca Lupus, bukannya cerita di majalah Bobo. Novel dewasa dan serius yang pertama aku baca itu Bukan Cinta Sesaat dari Mira W (yang aku baca pas kelas 3 SD :p). Karena membaca kedua buku itu, aku ingin jadi penulis. Aku ingin  membuat dunia ceritaku sendiri.

4. Aku termasuk penulis yang introvert, makanya aku nggak bisa menulis kalau ada orang di sekitarku. Walaupun misalnya orang itu cuma numpang lewat di samping atau duduk di belakangku, aku pasti akan menutup draft yang sedang kutulis. Aneh ya? Ini yang membuatku lebih suka menulis tengah malam karena orang-orang sudah tidur. Ini juga yang membuatku ragu untuk mencoba menulis di tempat umum. Padahal pengen juga nulis di kafe sambil minum kopi. Hmm…

5. Aku menulis sambil mendengarkan lagu, terutama lagu yang sesuai dengan tema cerita yang sedang aku tulis. Biasanya adegan akan lebih mudah terbayang dengan cara seperti itu. Novel pertamaku, We Quit Us, itu juga terinspirasi dari lagu yang berjudul sama. Btw, sudah baca belum? Kalau belum, bisa dibeli di Gramedia dan toko buku online lho. Hehe… *promosi dikit*

6. Kalau kena writer’s block (penyakit penulis yang menghambat perkembangan menulisnya), aku biasanya mandi lalu minum teh hangat. Setelah pikiran dan badan lebih rileks, aku bisa melanjutkan lagi tulisanku dengan lebih lancar.

7. Aku percaya kalo mau jadi penulis yang baik itu harus banyak membaca. Makanya sejak memutuskan untuk serius jadi penulis, aku mulai menyisihkan anggaran untuk beli buku. Plus menyisihkan waktu supaya bisa baca buku-buku yang sudah kubeli itu. Hehe…

8. Sebenarnya aku lebih suka baca buku fiksi daripada non fiksi, tapi mungkin suatu hari nanti aku akan mencoba membaca lebih banyak buku non fiksi biar pengetahuannya lebih bertambah. Jadi bisa menambah materi untuk nulis fiksi juga. Ya kan?

9. Sebagai pembaca, aku suka berbagai genre fiksi. Romance, comedy, fantasy, adventure, realistic, thriller, ya hampir semuanya sih. Karena masih belajar jadi penulis, aku masih mencari genre yang nyaman untuk kutulis. Makanya aku nggak mengkhususkan diri menulis di genre tertentu. Tapi kalau dilihat dari beberapa tulisanku di tahun ini, aku lebih banyak menulis romance untuk new adult dan adult. Mungkin aku akan fokus di situ. Yah, kita lihat aja nanti genre mana yang akan aku dalami ya 🙂

10. Banyak penulis yang kusuka, baik luar maupun dalam negeri, dan dari berbagai genre juga. Jadi agak bingung juga kalau harus menentukan siapa penulis favoritku (aku suka John Green, JK Rowling, JRR Tolkien, Christian Simamora, Ika Natassa, Orizuka, dan masih banyak lagi). Tapi kalau harus menyebut satu dari sekian banyak penulis yang kusuka, aku akan menyebut nama Mira W. Karena berkat membaca karya-karyanya, aku jadi suka baca buku dan suka menulis.

11. Aku berharap dan masih terus berusaha menjadi penulis yang lebih baik dan lebih baik lagi. Semoga semakin banyak penerbit dan pembaca yang menyukai ceritaku. Amin.

11 Pertanyaan dari Risma:

1. Arti dari nama kamu itu apa sih?

Nggak ada artinya. Tapi kalau boleh aku mengarang, artinya mungkin: kebahagiaan sesudah tanggal 3 Desember, karena aku lahir tanggal 4 Desember. Haha… x)

2. Apakah kamu penggila coklat? Jika iya, berikan alasannya!

Ya, aku suka cokelat, dari yang murah kayak Silverquin sampai yang agak mahal kayak cokelat dari Jepang. Sebulan sekali aku pasti beli cokelat dengan alasan: bikin happy. Mungkin karena cokelat membuat efek seperti sedang jatuh cinta ya, makanya aku suka makan cokelat.

3. Sudah berapa lama jadi blogger?

Mungkin sudah 3-4 tahun tapi di blog ini baru satu tahun dan nggak terlalu aktif sebenarnya. Paling satu dua post setiap bulannya. Doakan aja semoga kedepannya bisa lebih rajin nulis di sini. Hihi…

4. Kamu suka atau tau Stand Up Comedy nggak?

Suka menonton stand up comedy di tivi, iya. Mungkin hanya itu acara tivi Indonesia yang aku tonton *sombong*. Kalau jadi stand up comedian, kayaknya nggak mungkin. Ngomong sama satu orang aja ribet, apalagi di depan banyak orang. Hehe…

5. Apakah kamu pernah menjadi secret admirer untuk seseorang yang kamu sukai?

Pernah banget. Dan waktu dia pergi, aku kehilangan. Hiks. *jadi curhat*

6. Sekarang kamu lagi sibuk apa sih?

Sibuk mengajar matematika dan terutama sibuk menulis. Aku punya target untuk menulis 4 novel tahun ini dan baru jadi 3 novel. Tinggal satu novel lagi yang harus aku selesaikan dan sampai hari ini masih proses penulisan.

7. Pertanyaan pilihan, lebih suka chocolate ice cream atau vanila?

Vanila. Aku suka makan cokelat, tapi kalau untuk es krim, aku lebih suka es krim vanila karena bisa dijodohkan dengan berbagai topping kayak buah-buahan, permen, dsb. Es krim cokelat rasanya terlalu mendominasi jadi aku kurang suka.

8. Kamu termasuk orang yang penakut ngga sih?

Penakut sih enggak, tapi aku nggak suka sama keluarga hewan melata, reptil, dan sebagainya.

9. Cita-cita kamu apa? Pengen ngga jadi seorang penulis yang memiliki karya yang bagus?

Yap. Itu cita-citaku. Aku pengen banget jadi penulis yang karyanya dicintai banyak orang. Doakan ya 😀

10. Lebih suka film Dealova atau Cinta Pertama (Sunny)?

Sebenarnya nggak suka dua-duanya. Hehe. Tapi karena dulu pernah baca novel Dealova, aku pilih Dealova.

11. Apa tema dari setiap postingan di blog kamu? Beri alasannya ya, kenapa kamu menggunakan tema itu!

Seperti yang sudah aku ceritakan di atas, blog ini aku khususkan untuk dunia buku dan tulis menulis karena aku suka dengan dunia itu. Jadi temanya nggak jauh-jauh dari situ. Aku biasanya nge-post tentang buku yang kusuka.

Oke. Langkah berikutnya, 11 pertanyaan untuk kamu yang menerima estafet Liebster Award dariku:

Ehm… karena aku penulis (pemula dan masih amatir), aku akan menanyakan kalian tentang dunia tulis menulis.

1. Apa yang membuat kamu menulis?

2. Lebih suka menulis fiksi atau non fiksi?

3. Apa tema tulisan yang biasa kamu tulis?

4. Pernah kena writer’s block nggak? Kalau pernah, apa yang kamu lakukan untuk meruntuhkannya?

5. Pernah dengar tentang fan fiction? Kalo iya, cerita tentang artis siapa yang akan kamu tulis?

6. Seandainya ada sebuah penerbit yang menawarkan untuk menerbitkan tulisan kamu, cerita seperti apa yang akan kamu tulis?

7. Pilih mana, baca buku puisi atau baca novel?

8. Menurut kamu, buku yang bagus itu yang seperti apa?

9. Dari seluruh genre buku yang ada, genre apa yang paling kamu suka?

10. Sebutkan satu buku favoritmu yang kamu rasa wajib dibaca banyak orang (saking bagusnya).

11. Siapa penulis favorit kamu?

Dan berikut 11 blog penerima estafet Liebster Award dariku:

1. Elina Elino

2. Forever Sleep 

3. Miss Pandas

4. Hiddentulips

5. Just Another Story

6. Tangan Bercerita

7. Pemulung Aksara

8. Lollipop

9. Imaji Tiada Batas

10. Alunan Kata

11. Misty Angel

Salam kenal semuanya…

Aku tunggu balasan post-nya ya ;D

Oke deh. Segitu aja post soal Liebster Award ini. Semoga dengan menerima award ini aku jadi lebih rajin menulis. Begitu juga dengan teman-teman blogger yang memberi dan menerimanya. Keep on writing, y’all.

Dan untuk Risma, terima kasih banyak… 😀

10 thoughts on “Liebster Award

  1. Liebster award

    Sebelumnya aku ucapkan terima kasih untuk Ria Destriana. yang telah memberikan aku liebster award untuk pertama kalinya. berhubung aku ini baru didunia blogger. aku merasa senang bisa menjalin pertemanan antar blogger. aku berharap kita juga bisa saling bertukar ide dalam hal menulis. aku juga belum mempunyai banyak teman didunia blogger ini. maka dari itu aku juga berharap bisa mempunyai banyak teman didunia blogger ini.

    Liebster Award itu diberikan oleh blogger ke blogger lain (biasanya ke blogger pemula dengan follower kurang dari 200) dengan tujuan menambah jalinan pertemanan antar blogger. Juga menambah semangat untuk para blogger supaya makin rajin nulis.

    Saat menerima Liebster Award ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

    1. Buat postingan mengenai Liebster Award yang berisi pengertian Liebster Award, menampilkan logo Liebster Award beserta info mengenai Liebster Award.
    2. Ucapan terima kasih pada teman blogger yang telah memberikan award.
    3. Sebutkan 11 hal mengenai diri kita.
    4. Jawab 11 pertanyaan dari pemberi Award.
    5. Pilih 11 teman blogger untuk menjawab pertanyaan dari kita.
    6. Tunggu balasan dari teman blogger yang sudah kita pilih.

    1 dan 2 sudah, sekarang lanjut ke langkah ketiga dan seterusnya.

    ~ 11 hal tentang aku.

    1. Nama Lengkapku Lulu Lutfi Latifah, aku lahir dibogor 21 maret 1998. nama penaku aquamarine daffodil . kenapa nama penaku aquamarine? berhubung aku lahir dibulan maret aku menggunakan nama batu aquamarine yang dikenal dengan nama batu biru laut (batu kelahiran maret) kalo daffodil itu juga sama, bunga ini adalah nama bunga yang memaknai bulan lahir. yang artinya semangat baru, jadi aku berharap aku selalu bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

    2. Dulu aku tidak terlalu suka menulis, karena hobbyku sewaktu kecil itu menggambar. aku mulai menyukai dunia menulis sejak aku menginjak masa SMA. dan kini aku lebih menggemari dunia menulis dibandingkan menggambar. aku juga suka sekali membaca novel yang bergenre romance, religi dan adventure.

    3. Saat ini aku sudah menginjak kelas 3 SMA , tinggal satu langkah lagi menuju perguruan tinggi. aku berharap bisa memilih jurusan yang aku suka. tidak dipaksa-paksa atau diatur-atur oleh orangtuaku untuk mengambil jurusan yang mereka pilih. karena aku ingin menjadi seorang penulis sekaligus sutradara. berhubung aku juga suka nonton sinetron atau film layar lebar, jadinya aku berkeinginan membuat sinetron atau film yang bermutu. dikarena saat ini banyak sinetron yang tidak mendidik. padahal itu tidak baik untuk perkembangan anak-anak. jadinya aku ingin membuat sinetron yang bisa ditonton semua jenis umur.

    4. Aku orangnya sering berimajinasi atau berkhayal soal apa yang aku bayangkan jika aku seperti itu dan seperti ini. aku sering tidur dikelas pada jam istirahat sambil mendengankan musik melow yang bertemakan lirik romance. karena disaat seperti itu aku selalu mendapat ide menulis.

    5. Aku suka hujan turun, rasanya seperti aku seorang pemeran utama dikala hujan turun. aku berjalan sambil mendengankan musik dan melindungi diriku dengan payung ditengah guyuran hujan. sambil menatap butiran hujan yang turun. rasanya sangat menyenangkan.

    6. Aku juga sering tekena writer’s block (penyakit penulis yang menghambat perkembangan menulisnya), dimana aku sangat malas untuk menulis. karena aku menulis berdasarkan moodku saat itu juga. kalo moodku sedang baik, aku bisa sampai tengah malam membuat tulisan. tapi jika moodku jelek, aku benar-benar malas untuk menulis walaupun aku mempunyai ide untuk menulis. terkadang cara aku mengatasi writer’s block adalah menyendiri sambil mendengarkan lagu yang bertempo cepat membuatku moodku kembali senang, bercanda dengan teman juga membuat moodku menjadi lebih baik.

    7. Aku lebih suka menulis tulisan non fiksi, dikarenakan aku mempunyai begitu banyak kisah nyata yang aku lihat sehari-hari. baik dari lingkungan sekolah, keluarga, teman ataupun lainnya dan kebanyakan dari tulisanku adalah bergenre romance. tapi romance yang engga alay yah, hehe

    8. Biasanya aku membaca buku dihari libur, karena dihari biasa aku sibuk mengerjakan tugas sekolah.

    9. Aku tipe orang yang ceria, periang, walaupun terkadang aku sering kali galau. tapi aku berusaha untuk tetap tersenyum dan tertawa didepan teman-temanku. saat jam pelajaran kosong, aku lebih suka membuat puisi dari pada ikut berisik seperti teman-temanku. aku juga tipe orang yang cengeng, mudah emosi, dan gampang simpati. kelebihanku adalah aku mudah akrab dengan siapa saja, tapi kekuranganku adalah aku terlalu mudah percaya pada orang lain dan sering kali dibohongi.

    10. Sahabat adalah nomor ke 2 setelah keluarga yang aku utamankan. dimana aku bakal rela ngelakuin apa aja buat temen aku selagi itu membuat temanku senang. bahkan sekalipun aku disuruh guling-guling ditengah lapanganpun aku rela. haha

    11. Aku selalu berkeinginan jika aku menjadi penulis dan sutradara nanti, aku ingin membuat sinetron yang bertemakan anak sekolah, tapi tidak terlalu banyak unsur romance tapi didominasi unsur kekompakan, persahabatan, dan perjuangan keras. dan menjadikan sekolah SMAku sebagai lokasi syuting nantinya.

    Sebelas pertanyaan dari Ria Destriana.

    1. Apa yang membuat kamu menulis?

    Karena dengan menulis aku bisa menuangkan semua isi hatiku, baik dalam keadaan senang ataupun sedih. karena terkadang dimana kita tidak bisa bercerita pada sahabat kita bisa menuangkan isi hati yang kita pendam melalui tulisan dan itu membuat hatiku sedikit lebih lega.

    2. Lebih suka menulis fiksi atau non fiksi?

    Aku lebih suka menulis cerita non fiksi, karena begitu banyak peristiwa yang aku lihat dikeseharianku. mulai dari cerita kisah cinta temanku, dilingkunganku, bahkan keluargaku.

    3. Apa tema tulisan yang biasa kamu tulis?

    Biasanya tulisan yang aku buat selalu bertemakan tentang cinta, tapi saat ini aku sedang mencoba tulisan yang bertemakan adventure.

    4. Pernah kena writer’s block nggak? Kalo pernah, apa yang kamu lakukan untuk meruntuhkannya?

    Pernah, karena aku menulis berdasarkan mood, kalo lagi baik yah lancar nulisnya. tapi kalo sekalinya lagi buruk, malesnya minta ampun. biasaya cara ngilangin writer’s block, aku selalu menyendiri sambil mendengankan lagu yang bertempo cepat sambil menghayatinya. yang terkadang berhasil membuat moodku kembali baik.

    5. Pernah dengar tentang fan fiction? Kalo iya, cerita tentang artis siapa yang akan kamu tulis?

    Pernah, Fanfiction yang sering aku baca adalah fanfic yang castnya suzy Miss a sama kim myungsoo infinite. jadinya kalo aku mulis fanfiction pasti bakalan pake nama mereka sebagai cast utamanya.

    6. Seandainya ada sebuah penerbit yang menawarkan untuk menerbitkan tulisan kamu, cerita seperti apa yang akan kamu tulis?

    Cerita yang bertemakan anak sekolah, yang memperjuangkan mimpi, persahabatan dan cinta. dan balut dengan aksi petualangan.

    7. Pilih mana, baca buku puisi atau baca novel?

    sebenernya sih suka dua-duanya, tapi aku lebih suka baca novel.

    8. Menurut kamu, buku yang bagus itu yang seperti apa?

    ceritanya bisa membuat hati pembacanya seperti larut dalam kisah tersebut, memotivasi pembaca, mengandung unsur panutan yang baik seperti, novel laskar pelangi, sang pemimpi, ketika cinta bertasbih dan lainnya.

    9. Dari seluruh genre buku yang ada, genre apa yang paling kamu suka?

    Genre romance

    10. Sebutkan satu buku favoritmu yang kamu rasa wajib dibaca banyak orang (saking bagusnya)

    Tahta Mahameru

    11. Siapa penulis favorit kamu?

    Dwitasari

  2. Pingback: Liebster Award | hiddentulips

    • Haha…, iya, gak papa. I do think that I’m older than you x)
      Makasih ya post balasannya 😀
      And thank you buat naik baiknya. Kalo bukunya udah dibaca, aku tunggu komennya ya 😉

  3. Pingback: Liebster Award! | forever sleep.

Leave a Reply

