Bintang di Langit

13919f6b877046ffc366892b0c519510

Good Morning…!

Berhubung semalaman nggak bisa tidur (terima kasih banyak untuk iced coffee yang aku minum tengah malam tadi), aku memutuskan untuk membahas sedikit tentang bintang.

Jadi, selama aku bikin review (amatiran) di Goodreads, aku suka memberikan bintang untuk buku-buku yang sudah aku baca. Biasanya 3-5 bintang.  Nah, arti bintang-bintang ini sangat personal untukku. Makanya aku mau membahas itu supaya kamu yang baca review yang kubuat bisa memahami isi hatiku. Halah… xD

Kalau di Goodreads,

1 bintang: did not like it

2 bintang: it was ok

3 bintang: i liked it

4 bintang: really liked it

5 bintang: it’s amazing

Sebenarnya sih, aku punya penilaian yang hampir sama, tapi buatku bintang-bintang itu punya makna yang lebih dalam. Mari kita bahas satu per satu.

Pada dasarnya buku yang aku beli itu nggak sembarangan aku beli gitu aja. Ada pertimbangannya, baik itu karena ceritanya, penulisnya, penerbitnya atau covernya. Jadi semua buku yang aku review adalah buku yang berharga karena sudah membuatku membelinya. Dan yang pasti, bukunya bagus karena bisa memenuhi semua/beberapa aspek yang menjadi syarat bagiku untuk membeli buku. Sayang, nggak semua buku bagus itu memenuhi seleraku. Selera setiap orang memang berbeda, kan?

Jadi, berikut makna bintang yang kuberikan.

0-1 bintang: Oke, buku ini mungkin bukan jodohku.

Thank God, sampai hari ini belum ada buku yang aku baca dan aku kasih 1 bintang apalagi nggak dikasih bintang sama sekali. Aku yakin buku itu ada jodohnya masing-masing. Setiap orang pasti punya penilaian berbeda-beda pada setiap hal. Jadi seandainya suatu hari nanti aku baca buku yang (ternyata bagiku) kurang bagus–padahal orang lain memuji buku itu, berarti buku itu bukan jodohku.

2 bintang: Buku ini pasti akan kubaca lagi. Suatu hari nanti.

Ini kategori untuk buku yang aku suka tapi bukan genre kesukaanku. Misal nih, novel yang ngomongin politik. Aku kurang suka temanya, tapi aku suka novelnya. Gitu lho.

Aku belum pernah memberikan 2 bintang sih, tapi ada beberapa buku yang dulu pernah kubaca (tapi nggak aku review di Goodreads) yang disukai banyak orang tapi aku sendiri kurang suka. Bagus tapi nggak kena di hati karena memang bukan genre cerita kesukaanku. Hehe…

Well, kayak yang tadi aku bilang. Selera orang berbeda-beda, kan?

3 bintang: I like this. Worth to buy, worth to read. Pasti kubaca lagi. 

Ini jenis buku bagus dan nggak membuatku menyesal untuk membeli dan membacanya berkali-kali. Kebanyakan buku-buku yang aku review di Goodreads itu pasti dapat 3 bintang karena memang bagus. Kayak yang tadi aku bilang, kalau nggak bagus, ngapain aku beli dan membacanya? Ya nggak?

Buku tiga bintang ini pasti aku rekomendasikan untuk dibeli dan dibaca.

4 bintang: You steal my heart. Yes, you.

Buku ini pastinya super bagus. Sangat layak dapat 3 bintang, tapi kalau aku kasih 4, itu artinya ada sesuatu yang menarik untukku. Bisa karakter, jalan cerita (membuatku menangis atau tertawa kayak orang gila), bisa juga dari cara penulisannya (diksi, narasi, dialog). Atau bisa juga layout dan covernya. Hehe…

5 bintang: Okay, I love you.

Ini jenis buku yang menempel di kepala dan di hati. Tanpa perlu membaca ulang, aku bisa jelas mengingat isi ceritanya. Aku sangat bersyukur kalau bisa menemukan buku seperti ini. Kayak ketemu jodoh kali ya. Haha… xD

Dan aku harap suatu hari nanti aku bisa menulis buku seperti ini, di mana orang bisa terbawa perasaan saat membacanya dan bisa menghapal isi bukunya di luar kepala saking membekasnya. Amin…

Oke. Itu pendapatku tentang bintang-bintang yang kuberikan di Goodreads.

Jujur aja, waktu aku masih jadi pembaca, aku akan memberikan nilai yang sama seperti yang diberikan Goodreads. Aku akan kasih kritik, saran dan bla bla bla. Tapi sejak aku jadi penulis, aku punya pendapat yang berbeda. Aku jadi sadar betapa susahnya menulis sebuah cerita sampai bisa layak terbit dan dibaca banyak orang. Makanya sekarang aku memberikan penilaian dengan sudut pandang berbeda untuk buku-buku yang kubaca itu.

Aku yakin semua penulis ingin memberikan cerita yang berbintang 4 sampai 5, tapi sebagai pembaca kita harus sadar kalau penulis nggak akan bisa memberikan apa yang semua pembaca inginkan. Makanya aku jadi sedih juga kalau melihat review yang agak kejam di Goodreads.

Well, aku pribadi sih lebih suka kritik daripada pujian ya, karena itu bisa membantuku untuk berkembang lebih baik lagi. Tapi kalau kritiknya menjatuhkan, sesak juga bacanya. Hiks…

Lagipula, seperti yang tadi aku bilang, setiap buku punya jodohnya sendiri-sendiri. Yang orang bilang bagus di Goodreads, belum tentu bagus untuk kita. Begitu juga sebaliknya.

Bagiku, membaca buku seperti sebuah perjalanan. Ada perjalanan yang membekas di hati, ada juga yang ingin segera kita akhiri dan lupakan. Yang pasti, dalam setiap perjalanan, akan ada satu pelajaran yang bisa kita ambil. Petiklah dan kau akan berkembang menjadi orang yang lebih baik. *gaya banget ini si Ria :p*

Terus, bagaimana dengan bintang yang aku kasih untuk bukuku sendiri?

Hmm…, yang pasti nggak sama dengan bintang-bintang yang aku ceritakan di atas. Biasanya sih, aku kasih 4 bintang. Satu untuk keberanianku menyelesaikan ceritanya, satu untuk rasa syukur karena buku itu bisa diterbitkan, satu untuk cover yang cantik dan satu lagi untuk mereka yang bekerja keras di balik terbitnya buku itu.

Aku nggak akan menilai bukuku yang ini dan yang itu bagus atau jelek. Bagiku, mereka semua sama nilainya. Dan karena setiap cerita yang kutulis itu adalah cerita yang ingin aku baca, jadi bagiku mereka bagus (menurutku). Hehe…

Oke deh. Kayaknya segitu aja cerita tentang bintang. Kafeinnya sudah mulai berkurang efeknya.

Have a nice reading y’all… ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s